Beberapa Solusi Mengatasi Seatpost Sering Turun atau Seatpost Slipping

Seatpost sering turun atau seatpost sliping sering ditemui pada seatpost / frame carbon, nah berikut adalah beberapa solusi untuk mengurangi hal - hal seperti itu.

Menggunakan Carbon Grip Grease

undefined

Adalah sebuah grease khusus yang digunakan di antara pertemuan part-part carbon, atau part carbon dengan selain carbon, seperti steel, alloy, hingga titanium, bisa cek di video ini

Tujuan utamanya adalah menambahkan grip di pertemuan part tersebut sehingga tidak mudah bergerak, jika coba kamu raba dengan tangan maka akan merasakan semacam scrub, yang mana itu adalah bagian penting untuk menambahkan grip tadi.

Beberapa merek populer untuk grease ini ada Finish Line Fiber Grip dan Parktool SAC-2 Super Grip.

Menggunakan Torsi yang Sesuai Untuk Seatpost

undefined

Sumber shashinki.com

Beberapa orang kadang merasa takut ketika harus mengencangkan seatclamp carbon, karena takut over dan membuat retak. Tapi tenang saja, produsen frame sudah memberitahu torsi max yang diperbolehkan sih, sehingga kamu bisa memasang dengan aman. 

Untuk itulah pentingnya memiliki torque wrench untuk sepeda carbon .

Jutsu Terlarang Mengganjal Seatpost

Jika kedua cara diatas tidak berjalan dengan baik, ada kemungkinan seatpost dan frame kamu bukan jenis yang berkualitas baik sehingga tingkat kepresisiannya kurang, atau bisa juga overweight dari cycling, sehingga seatclamp tidak kuat menahan beban dan membuat seatpost turun.

undefined

Opsi ketika ini pernah dilakukan penulis ketika menggunakan frame delihea rest, seharusnya menggunakan size 51, tapi penulis memilih frame ukuran lebih kecil, sehingga mengharuskan seatpost lebih tinggi yang berakibat seatpost yang masuk ke seatpost lebih sedikit sehingga grip kurang.

Untuk membuat pengganjal, cukup beli 1 lagi seatpost dengan model yang sama , kemudian dipotong sesuai dengan kebutuhan, ini adalah bagian yang paling sulit, karena setelah terpasang seatpost akan selalu di posisi itu. 

undefined

Potongan akan berada di dalam seattube, tepatnya dibawah seatpost, dengan tujuan untuk menahan gerak seatpost agar tidak turun lagi, namun tidak semua frame bisa menggunakan metode ini. 

Syarat frame yang support adalah, memastikan ukuran dari seatpost sisi atas untuk seatpost dan yang berada di atas bottom bracket yang memiliki ukuran yang berbeda, bagian atas harus lebih besar dari bawah. Jika ukuran seat tube sisi atas dan bawa sama, besar kemungkinan pengganjal juga akan menekan rumah bottom bracket kamu dan ini berbahaya.

- yussan 

TERIMAKASIH UNTUK

Terimakasih DomainesiaTerimakasih Digital Ocean