Brand New Shimano Dura-Ace R9200 dan Ultegra R8100 Kini 12 Speed dan hanya Di2

Brand New Shimano Dura-Ace R9200 dan Ultegra R8100 Kini 12 Speed dan hanya Di2

Setelah penantian panjang sejak akhir flagship groupset dari Shimano yakni Dura-Ace rilis juga versi terbarunya, yakni R9200 dengan berbahai teknologi terbaru, yuk kita cek.

New Design

undefined

undefined

Desain tebaru untuk Dura-ace R9200 dan Ultegra R8100 lebih terlihat smooth dari seri sebelumnya, dibagian cranksetnya pure black dengan logo Dura Ace / Ultegra dan tidak meninggalkan desain Xnya yang ikonik. 

undefined

Lebih menarik lagi karena 2 seri terbaru tersebut juga menyediakan opsi power meter untuk crankset mereka.

12 Speed

Seperti rivalnya SRAM dan Campagnolo yang sudah duluan rilis 12 speed sprocket, kini Shimano juga menggunakan teknologi yang sama untuk rilis terbaru ini. Tentunya dengan 12 speed rasio tiap gearnya akan semakin rapat semakin smooth dan semakain cepat untuk melakukan shifting.

Lima sprocket terbesar terbuat dari titanium di Dura-Ace terbaru, sedangkan sisanya terbuat dari baja berlapis, sedangkan untuk seri Ultegra semuanya dari baja berlapis

Untuk bisa menggunakan 12 Speed ini, Shimano menggunakan sprocket housing Micro Sline.

Semi Wireless

undefined

Kini tidak ada lagi di2 junction box di Shimano Di2 terbaru, untuk brifter memiliki baterai sendiri, dan untuk rd dan fd memilki baterai yang bisa dipasang di seatpost, kenapa seatpost tentu agar ukuran baterai bisa besar dan bisa tahan digunakan lebih lama.

Ketidak adanya di2 junction box ini karena Shimano Di2 2021 sudah menganut semi wireless sistem, yups semi wireless karena masih ada kabelum penghubung tiap komponentnya.

Hanya Menyediakan opsi Di2

Sebagai produk flagship, Dura-Ace ditujukan untuk semua fitur top line yang yang ditujukan peforma untuk mencapai hasil terbaik di race, dan karena itu pula di Shimano Dura-Ace R9200 hanya tersedia opsi Di2, hal tersebut sama seperti Ultegra R8100. Bedanya kamu bisa memilih opsi wireless atau opsi wired.

Masih Menyediakan Opsi Rim Brake

Bagi kamu penyuka Rim Brake, untungnya di seri terbaru ini Shimano tidak menghapusnya varian Rim Brake seperti SRAM. Yang artinya Shimano terbaru ini masih mendukung rem mechnical, bisa jadi opsi kamu juga yang ingin menggunakan disc brake mekanikal yang tentu bisa menghemat lebih banyak biaya.

Untuk opsi rim brake/mekanikal brake ini, hanya tersedia Ultegra dan Dura-Ace Di2 versi fullcabling.

undefined

Image source : https://bike.shimano.com/en-EU/product/component/duraace.html

Latest Posts

TERIMAKASIH UNTUK

Terimakasih DomainesiaTerimakasih Digital Ocean