Cerita Kami Memperbaiki Fork Carbon Retak di Wenda AB

Cerita Kami Memperbaiki Fork Carbon Retak di Wenda AB

Beberapa saat lalu, penulis mengalami crash ketika gowes busukan dengan Twitter Gravel, crash diturunan karena rem kurang bekerja dengan baik dan menabrak akar pohon. Ternyata ketika di bongkar ada retak cukup panjang di area steerer tube carbonnya tempat stem mencengkeram dan tembus kedalam, ternyata setelah kontak-kontak Wenda AB bisa untuk memperbaiki steerer tube carbon tersebut. Awal kami mengenal Wenda AB adalah sebuah workshop untuk pengecetan, dan pada saat itu terkenal banyak yang repaint sepedanya disana, karena hasilnya yang mantab.

Cerita Awal Terjadi Keretakan

undefined

Sepeda yang saya gunakan saat itu adalah Twitter Gravel Gen 1, sedang melewati rute blusukan di dalam kampung, kemudian ada turunan dan pede tangan satu pegang handphone, ternyata rem berakan kurang pakem, akhirnya crash menabrak akar pohon yang mencuat keluar permukaan tanah.

Awalnya memang terdengar suara ctek, dan posisi stem sudah miring, saat ini tidak berpikir banyak, langsung saya kendorkan dan luruskan, lalu bawa pulang, dan agak ngebut lewat jalan-jalan rusak dan tanah, karena sedang pakai gravel bike.

undefined

Esoknya ketika saya sedang mengelap, ternyata di sela-sela ada serabut-serabut, ternyata setelah dibongkar ada retakan panjang sekitar 5cm lurus dan tembus dalam, sepertinya retakan dari cengkraman stem yang kemudian memutar karena crash.

Mulai Kontak Wenda AB

Sebelum ada isu ini, kamu pernah ada project dengan Wenda AB untuk perbaikan frame carbon, frame Twitter Gravel Juga, yakni ada retakan di lubang fd, videonya bisa cek di link berikut https://www.youtube.com/watch?v=rbeyFd_EinM. Kami pun menyertakan foto-foto retakan dan panjangnya, dan estimasinya adalah Rp 450.000,- infonya kurang dari 1 bulan, karena sedang banyak antrian. Pembayaran di lakukan via transfer 2x, 1 saat barang di ambil, sisanya saat barang jadi dan sebelum diambil.

Hasil Perbaikan

undefined

Mari kita skip ke setelah 3 minggu fork ini diservis, dan hasilnya tidak ada keretakan lagi di steerertubenya, bulat sempurnya dan feel strong

undefined

Fork pun kembali terpasang di Twitter Gravel gen 1, semua aman dari pasang jangkar hingga stem sesuai torsi, dan telah di test di rute gravel dan road, sofar aman, tentu di sini kami tidak akan ada crash test, semoga aman sampai kedepannya.


Latest Posts

Related Posts