Keuntungan Menggunakan Direct Mount untuk Rear Deraillieur

Penggunaan direct mount untuk rd / rear derailleurs banyak ditemukan untuk pesepeda pro, tentu bukan tanpa alasan hal tersebut terjadi, mari kita bahas lebih dalam apakah keunggulan dan kekurang dari dirrect mount untuk rear derailleur tersebut.

Regular Mount RD

undefined

Sebelum mulai lebih lanjut mounting yang kita bahas disini adalah mounting untuk Rear Deraillieur, atau basa di kenal dengan b-link, yang sisi atasnya terhubung ke rd hanger, dan sisi bawahnya terhubung ke rd. 

Kita mulai dari mounting reguler terlebih dahulu, yang part ini merupakan bawaan dari penjualan rd.

Adanya blink adalah membuat banyak sambungan dari rd ke frame, tujuannya agar memperbesar kemungkinan rd untuk bergerak, karena kita tahu di jalanan, jalan tidak selalu mulus, ada kalanya rd naik turun ketika sedang tilang melakukan perpindahan gigi, bisa karena getaran atau melewati jalan bergelombang.

Tapi dengan sistem tersebut, jika mengalami impact yang lebih besar atau bahkan crash, b-link , lebih mudah untuk patah atau mengalami perubahan bentuk, karena memang ditujukan untuk keflesibilitasannya tadi. Semisal jika blink penyok kedalam, wah bisa-bisa rd mengenai spokes/jari-jari dan bisa merembet ke part lainnya.

Tapi asalkan tidak mengalami impact sekeras sedemikian, maka sepeda kamu masih ok-oke saja menggunakan regular mount seperti ini.

Direct Mount RD 

undefined

Direct mount ini pertama kali dikenalkan oleh Shimano, dan tujuannya adalah menggantikan b-link bahkan hingga rd hangernya menjadi 1 kesatuan, sebiah mounting yang lebih kuat tapi tidak sefleksibel regular mount.

Jika kita lihat pada perbandingan gambar di atas, betuk direct mount lebih miring kebelakang, hal ini juga memudahkan untuk melepas atau pasang ban dengan cepat terutama untuk yang menggunakan quick release. Hal penting lainnya adalah untuk daya tahan, karena di ajang balap sepeda pro, kecelkaan bisa saja terjadi, untuk meminimalisir kerusakan di bagian rd, penggunakan direct mount ini sangat penting karena lebih kuat.

References :

https://www.bike24.com/p2223698.html

https://cyclingtips.com/2019/07/theres-a-flood-of-direct-mount-derailleur-hangers-at-the-tour-de-france-but-why/

TERIMAKASIH UNTUK

Terimakasih DomainesiaTerimakasih Digital Ocean