Lebih Mengenal Frame Titanium

Apakah kalian pernah tahu secara langsung titanium, penulis sendiri sering mengetahui istilah titanium sebagai pen ketika ada korban patah tulan, semacam plat untuk menghubungkan tulang-tulang yang patah dan dikunci dengan baut, alasan utamanya karena sangat ringan dan kuat. Hal inilah yang diadopsi di beberapa pabrikan frame sepeda, dengan membuat frameset dari bahan titanium

Kenapa Tidak di Cat?

Bukan tidak mungkin frame titanium untuk dicat, tentu sangat mungkin, tapi kebanyakan pabrikan tidak melakukannya, tujuan utamanya adalah untuk show up bahwa frame ini terbuat dari titanium dengan menunjukan warna aslinya, disamping itu cat juga akan menambah cost dan menambah bobot dari frame sendiri meskipun hanya beberapa gram. 

Apakah Titanium Tahan Lama?

Jika kita lihat perbandingan frame-frame titanium dan alloy yang sama-sama terbuat dari logam, frame dari alloy bentuk tubing bisa beragam dan bahkan menyerupai frame carbon yang dicetak, tapi kenapa frame titanium sebagian besar bentuknya mirip berupa tube-tube biasa. 

Hal ini dikarenakan titanium adalah logam super keras yang sangat susah untuk dibentuk, mungkin jika kalian pernah lihat film x-men ketika pembuatan adamantium, adamantium harus dijaga tetap meleleh sepanjang waktu, karena jika sudah terlanjur keras akan sangat susah dibentuk, tapi titanium tidak sampai seperti itu ya cuma buat perbandingan saja.

Selain sangat kuat, titanium juga lebih tahan lama bahkan seumur hidup dan sangat tahan korosi dibandingan steel.

Ringan Titanium atau Carbon?

undefined

Tidak dipungkiri untuk produk-produk lineup / flagship dari berbagai brand sepeda menggunakan material fiber carbon, Keuntungan utama dari bahan ini adalah pada kekakuan tertentu, serat karbon secara signifikan lebih ringan daripada aluminium, baja, atau titanium, disamping itu fiber carbon juga mudah dibentuk ke berbagai ukuran.

Tapi jangan salah, titanium juga memiliki berat yang sangat ringan juga, kita ambil contoh Litespeed T1SL https://litespeed.com/collections/t1sl hanya 995 grams, didukung komponen-komponent moderen pasti sepeda kamu akan jadi super ringan dan tentu kuat.

Titanium dibanding Steel atau Alloy

undefined

Jika dilihat sekilas, jika ada produsen frame membuat frame dengan bentuk dan finishing warna, kita bisa mudah membedakan manakah yang titanium dari pandangan saja.

Warna titanium asli silver mengkilap tapi tidak seperti cermin, dan terlihat corak ketika terkena cahaya.

Hasil las-lasan titanium juga lebih rapi daripada logam lainnya, dikarenakan juga metide pengelasan untuk jenis logam ini berbeda.

Image Sources :

  • https://www.dolan-bikes.com/

TERIMAKASIH UNTUK

Terimakasih DomainesiaTerimakasih Digital Ocean