Lebih Mengenal Press Fit Bottom Bracket

Lebih Mengenal Press Fit Bottom Bracket

Bicara tentang bottom bracket, banyak topic yang bisa kita bahas, mulai dari jenis-jenisnya berdasarkan kebutuhan maupun brand / vendornya. Postingan kita kali ini lebih terfokus untuk tipe bottom bracket press fit, nah apakah itu, mari kita bahas dibawah.

Bottom Bracket 

undefined

Adalah sebuah part wajib di sepeda yang bertugas sebagai housing penghubung antar crankset dan rangka sepeda. Posisinya sendiri ada di titik pertemuan antara down tube, seat tube dan chain stay, seperti pada gambar diatas.

Bahan utama bottom bracket sendiri biasanya logam seperti alloy, tapi bisa juga kombinasi atau full dengan ceramic. Karena sebagai housing dari crankset yang selalu berputar, maka di dalam bottom bracket ini terdapat bearing, yang tentu semakin bagus bahannya semakin ringan putaran dan energe yang tertransfer ke driveterain semakin efisien dan maksimal.

Threaded Bottom Bracket

undefined

Gambar diatas adalah sampel bottom bracket yang belum menggunakan teknologi press fit, sehingga untuk memasang bottom ke dalam frame memiliki konsep yang sama dengan memasang skup, yakni dikencangkan dengan cara diputar dan beberapa part bottom bracket berada di luar frame, bottom bracket jenis ini disebut Threaded Bottom Bracket

Press Fit Bottom Bracket

undefined

Gambar diatas adalah contoh sepeda yang telah menggunakan press fit bottom bracket, apa kamu sudah tahu perbedaannya. Sekilas terlihat frame bagian bawahnya lebih besar, dan part bottom bracket hampir tidak terlihat, cuma terlihat crankset yang langsung terhubung dengan frameset.

Tujuan awal diciptakan jenis ini adalah untuk menghasilkan power transfer dari pedaling lebih efisien. Efisien dalam arti hasil pedaling yang sama di press fit bottom bracket akan menghasilkan watt lebih banyak dari pada yang masih threaded bottom bracket. Karena semua bagian bottom bracket ada didalam frame yang tentu membuatnya semakin stiff dan semakin mudah untuk power transfer.

Disamping itu juga membuat penampikan sepeda lebih simple. Karena press fit bottom bracket harus berada didalam frame maka downtube juga harus memiliki ukuran yang besar pula untuk mengakomodasi hal tersebut.

undefined

Berbeda dengan threaded bottom bracket yang pemasangannya seperti skrup, press fit bottom bracket dengan cara di tekan, sama seperti namnya "press". Gambar diatas hanyalah salah satu alat yang bisa digunakan, masih banyak jenis lainnya tapi cara kerjanya sama.

Kesimpulan

Jenis bottom bracket ini tentu sangat penting utuk diperhatikan, terutama jika kamu ingin upgrade bottom bracket, pastikan kamu tahu jenis bottom bracket apa yang di support frameset kamu.

Image Sources :

Latest Posts

TERIMAKASIH UNTUK

Terimakasih DomainesiaTerimakasih Digital Ocean