Mengenal Frame Sepeda Di2 Ready

yussan avatar
Yusuf Akhsan Hidayat
alias yussan sebagai Penulis
Mengenal Frame Sepeda Di2 Ready

Di2 adalah produk dari produsen part sepeda Shimano, singkatan dari "Digital Integrated Intelligence", yaitu sebuah sistem electronic shifting, semuanya menggunakan motor yang digerakan oleh listrik dan tidak ada kabel/kawat untuk menghubungkan antar shifter dan rd/fd. Keuntungannya membuat perpindahan gigi lebih efisien dan tepat. Produsen lainnya juga memiliki produk serupa, contohnya Sram dengan produk eTAPnya, tapi kali ini kita fokus pada Frame dengan spesifikasi Di2 Ready.

Di2 Main Component

undefined

Disamping shifter, front derailleur dan rear derailleur sebagai perangkat utamanya, ada tambahan lagi yakni beberapa kabel, junction dan baterai. Sebagai contoh kita ambil dari Shimano Dura Ace Di2. Untuk harganya sekitar 30 juta untuk full group set. 

Ini adalah gambar untuk part Di2 dari Shimano Dura Ace R9150 Di2.

undefined

Banyak juga ya, nah jika dipasang pada sepeda seperti inilah peletakannya.

undefined

Maksud Di2 Ready

Frame yang memiliki spesifikasi Di2 ready, memiliki jalur pengkabelan yang cukup komplit didalam framenya, disamping itu terdapat beberapa tempat untuk menjaga agar beberapa junction dan baterai aman dari berbagi macam goncangan, baik itu didalam frame ataupun diluar frame. Yups itulah perbedaan Di2 ready dan tidak.

Menggunakan Part Di2 di Frame Non Di2 Ready

Jika dibilang bisa, yak bisa, tapi poin utamanya adalah menjaga agar perangkat Di2 aman dari goncangan dan tetap terlihat rapi. Jika frame kamu tidak Di2 ready, makan frame akan terlihat banyak kabel, junction dan batarai, yang mungkin kamu rekatkan dengan zipp ties atau bahkan lakban.


Sumber Gambar

TERIMAKASIH UNTUK

Terimakasih DomainesiaTerimakasih Digital Ocean

LOADING...

sample text yuk