Mengenal Half Fondo, Grand Fondo dan Century Ride

Apakah kamu pernah mendengar istilah diatas, bisa Grand Fondo atau Century Ride, entah di suatu event atau acara dari teman-teman gowes. Yang membedekan 3 hal tersebut adalah jarak yang ditempuh ketika bersepeda, nah untuk lebih jelas mengenai itu, yuk kita baca lebih lengkap dibawah.

Half Fondo

Ada istilah baru sih yang levelnya dibawah Half Fondo, yakni "Fun Fondo", untuk Fun Fondo sendiri jarak yang ditempuh sekitar 25km. Hal fondo adalah aktifitas bersepeda yang jarak tempuhnya mencapai 75km dan bisa dikomversi ke mill atau satuan lain tergantung standarisasi satuan di tempat kamu. 

Half Fondo ini bisa dilakukan sih untuk kamu yang masa berlatih dalam dalam persiapan Full Fondo alias Grand Fondo. Jarak seperti masih memungkinkan terutama bagi kamu yang bersepeda sebelum kantor, disamping waktu yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, effortnya juga tidak banyak pula, sehingga tidak akan capet ketika akan mulai ngantor.

Grand Fondo

Grand Fondo sendiri juga berarti "Big Endurance / Big Ride", sebuah aktifitas bersepeda jarak jauh yang diperkenalkan pertama di Italia. Secara resmi Federasi Sepeda Italia meresmikan Grand Fondo adalah event bersepeda dengan jarak sekitar 120KM (75mil).

Pastikan botol minum depan dan belakang full, membawa perbekalan cukup, seperti isotonic atau makanan, tujuannya agar aktifitas sepeda kamu lancar dan bisa cepat sampai finish.

Century Ride

Centry Ride adalah perjalanan bersepeda sejauh 160,9 km (100 mil) atau lebih, biasanya sebagai acara yang disponsori klub bersepeda. Banyak klub bersepeda mensponsori perjalanan tahunan klub sebagai acara sosial bagi pengendara sepeda dan penggalangan dana untuk kegiatan klub lainnya. Tapi akhir-akhir banyak club sepeda hobi yang mengadakan acara ini untuk acara weekend dan sebagainya.

Century Rider dibagi menjadi beberapa bagian yang tergantung dari jarak yang ditempuhnya, antara lain :

  • Quarter century, 40km (25 miles)
  • Half century, 80km (50 miles)
  • Metric century, 100 km (62 mi)
  • Double metric century, 200 km (120 mi)
  • Double century, 200 miles (320 km) .

TERIMAKASIH UNTUK

Terimakasih DomainesiaTerimakasih Digital Ocean