Sepeda Lipat Mirip Brompton Tapi Harga Pas di Kantong

yussan avatar
Yusuf Akhsan Hidayat
alias yussan sebagai Penulis
4.11K0Share
Sepeda Lipat Mirip Brompton Tapi Harga Pas di Kantong

Lagi hangat-hangat nih di media, berita tentang kasus penemuan part motor Harley dan sepeda Brompton di pesawat Garuda, disini Mau Gowes tidak akan membahas tentang hal itu, tapi lebih fokus ke sepeda Bromptonnya. Dengan kasus ini, maka istri-istri para goweser jadi tahu harga sepeda Brompton yang sebenarnya, memang luar biasa sih, paling murah saja bisa dual puluh ribu jutaan dan untuk seri lebih tinggi bisa ratusan juta rupiah. Bagi kamu yang kepincut dengan Brompton tapi isi kantong pas - pasan berikut ada produk lokal yang bentuknya mirip banget dengan Brompton bisa jadi pilihanmu.

Tentang Brompton

Membaca sejarah Brompton dari Wikipedia https://id.wikipedia.org/wiki/Brompton_Bicycle , merupakan sebuah merek untuk produsen seped a lipat asal Inggris, dan ada sejak tahun 1975. Sejak awal berdiri hingga sekarang produsen ini telah menciptakan berbagai macam bentuk sepeda lipat yang berbeda-beda, mulai dari bentuk frame dan teknik pelipatannyapun juga berbeda. Hingga akhirnya menemukan desain terbaiknya yang hingga saat postingan ini dibuat banyak disukai oleh masyarakat seluruh dunia. 

Disamping itu orang yang memiliki merek sepeda Brompton juga akan mendapatkan gengsi lebih yang tidak dimiliki orang lain, karena memang merek Brompton terkenal dengan merek premium.  

undefined

sumber : https://www.brompton.com/

Pembahasan diluar mereknya, desain sepeda Brompton bisa dibilang memiliki ukuran sepeda lipat paling ringkas jika dalam keadaan terlipat, dibanding sepeda lainnya. Selain ukurannya paling kecil ketika dilipat, ada berbagai fitur lain yang membuat sepeda ini mudah untuk dibawa - bawa tanpa menaikinya. Contohnya dan roda kecil di bagian belakang sepeda, akan membuat Brompton mudah untuk didorong dan ditarik layaknya koper.

Jika kamu punya dana terbatas, berikut beberepa produsen sepeda yang membuat folding bike alias sepeda lipat alias seli dengan desain mirip brompton dan harga murah pastinya.

United Trifold

undefined

Dilihat sekilas tidak beda jauhkah dari sepeda Brompton, ada banyak hal yang membuatnya mirip, mulai dari lekukan framenya, adanya tambahan roda kecil dibagian belakang dan ukuran rodanya. United Trifold sendiri ada berbagai maca seri, hingga postingan dibuat ada sekitar 5 seri United Trifold dan salah satunya adalah sepeda listrik, arahnya sama seperti Brompton deh yang sama-sama juga membuat varian sepeda listrik.

undefined

Dari segi tidak banyak perbedaan, pembeda dari tiap seri selain warnanya adalah komposisi driveterainnya dan cockpitnya, semakin tinggi serinya maka variasi gear grupsetnya juga semakin banyak. Untuk framenya sendiri, semua seri dari sepeda United Trifold diatas berbahan alloy, tapi alloynya cukup ringan kok. Nah agar postingan ini tidak terlalu panjang, Mau Gowes ambil sampel 1 terbaik yakni seri tertinggi dari United Trifold, yaitu United Trifold 11, berikut spesifikasi lengkapnya: 

  • Frame : Alloy Frame dengan ukuran ban 16"
  • Drivetrain : Shimano Alfine 11 Speed
  • Handle Grip : United Classic Leather Grip (nyaman banget bro, grip kulit asli)
  • Saddle : Gyes Leather Saddle (nyaman banget bro, sadel kulit asli)
  • Bobot : 8.5Kg

Harga yang ditawarkan Rp 24 jutaan, sedangkan untuk seri united trifold paling rendah yakni United Trifold 1S Rp 4 jutaan. Untuk informasi selengkapnya seputar sepeda ini, kunjungi saja https://unitedbike.com/bikes-catalog/folding-bike .

Element Pikes

Element merupakan produsen sepeda yang terkenal dengan sepeda yang murah tapi tidak murahan, jika dibandingkan dengan smartphone, yan mirip Xiaomi lah konsepnya, tapi tentu saja ada beberapa line up mereka yang dibuat untuk kelas premium.

undefined

Element Pikes merupakan varian dari sepeda lipat murah milik Element Bike. Coba lihat desain sepedanya di gambar atas, keren dan mirip Bromptonkan ? . Hingga saat postingan ini dibuat Element Pikes hanya tersedia satu seri saja, perbedaannya pada permainan warna. Bahan utama framenya adalah chromoly, karakternya mirip dengan steel tapi anti karat tapi lebih berat dari alloy.

Ketika dilipat Element Pikes bobotnya juga cukup ringan, sekitar 13.13 Kg.

Kesimpulan

Opsi sepeda diatas cukup menarik kan, memang meskipun desainnya mirip hasil lipatannya tidak seminimalis Brompton dan juga Brompton juga menyediakan frame dengan material titanium, ada harga ada barang lah. Tapi opsi dari Mau Gowes sudah lebih dari cukup kok untuk digunakan bersepeda harian ataupun turing berpuluh-puluh atau beratus-ratus kilometer.

- yussan -

TERIMAKASIH UNTUK

Terimakasih DomainesiaTerimakasih Digital Ocean

LOADING...

sample text yuk