Cara Bongkar dan Pasang Sprocket Sepeda

yussan avatar
Yusuf Akhsan Hidayat
alias yussan sebagai Penulis

Apakah kamu berminat untuk bongkar dan pasang sprocket, entah itu untuk upgrade atau sekedar bersih-bersih part saja, nah postingan berikut ini cocok banget jika kamu ingin melakukan hal tersebut.

Peralatan

undefined

Pertama siapkan terlebih dahulu peralatannya, antara lain :

Melepas Sprocket

Setelah semua disiapkan, kita mulai terlebih dahulu untuk membuka lock ringnya, bagian inilah yang menahan sprocket agar tetap diposisinya. Posisikan seluruh perlengkapan mirip pada gambar dibawah.

undefined

Penahan sprocket disini sangat berperan penting agar sprocket tidak ikut berputar ketika kita ingin melepas lock ring. Jika lock ring sudah mulai ringan, lebih baik jika melanjutkan proses berikutnya menggunakan tangan, karena selain mudah dipraktekan juga lebih aman, agar alat-alatnya tidak membuat lecet part lain.

undefined

Nah beres deh, sisanya tinggal lepas satu persatu bagian sprocketnya.

Memasang Sprocket.

undefined

Bagian selanjutnya adalah mengembalikan sprocket ke posisi awal, pastikan ketika mengembalikannya sesuai urutan baik dari ukuran, dan memastikan sisinya pas baik depan atau belakangnya. Oh ya, sprocket ini sudah didesain khusus agar tidak mungkin terbalik, jadi ketika susah memasangnya jangan dipaksakan ya, pastikan sesuai dengan seharusnya. 

Beres deh

Beres deh, selamat mempraktekannya. Oh ya sekedar catatan, cara melepas dan memasang sprocket bisa berbeda-beda loh tergantung dari brand sprocketnya, untuk yang digunaan di postingan ini adlah produk dari Shimano, dan mirip dengan produk dari sram dan sunrace, jika kamu pengguna produk dari Campagnolo maka akan berbeda caranya.

TERIMAKASIH UNTUK

Terimakasih DomainesiaTerimakasih Digital Ocean

LOADING...

sample text yuk