Fiber Grip, Threadlock, Anti Seize dan Grease untuk Part Sepeda

yussan avatar
Oleh Yusuf Akhsan Hidayat
Diposting 4 bulan yang lalu
Fiber Grip, Threadlock, Anti Seize dan Grease untuk Part Sepeda

Selain hobi mengendarai sepeda, apakah kamu juga hobi untuk utak atik sepeda, jika iya 4 bahan berupa gel yang ada di judul atas akan membantu kamu untuk menjadi mekanik sepeda yang lebih baik, tentu masing-masing punya kegunaannya sendiri yuk lanjutkan.

Fiber Grip

undefined

Fiber grip bisa juga dikenal dengan Fiber Carbon Grip, diimplementasikan jika ada part fiber carbon disepedakamu, tepatnya di kontak antara 2 part, semisal handlebar dengan stem, stem dengan steerer tube, seat post dengan frame dan lain sebagainya. Untuk penggunaan fiber grip tidak mengharuskan kedua part tersebut dari fiber carbon, bisa salah satunya saja, semisal seatpost dan fiber carbon dan frame dari alloy.

Tujuan dari implementasi fiber grip ini adalah mencegah slip dan membuat kontak kedua part tersebut lebih mantap.

Threadlock

undefined

Ada beberapa kasus ketika mengencangkan sebuah mur atau sekrup, tapi setelah waktu berlalu, ternya baut tersebut melongar dan terlepas sendiri. Hal tersebut bisa diminimalisir dengan menambahkan threadlock sebelum memasangkan mur, cukup setengah bagian mur saja dan biarkan sisanya rata di bagian lainnya.

Anti Seize

undefined

Memiliki fungsi sama seperti dengan fiber grip, hanya saja 2 part yang terhubung seharusnya terbuat dari logam, bisa steel atau alloy bahkan titanium. Jika salah satu partnya adalah fiber carbon, fiber grip adalah solusi terbaik bukan menggunakan bahan ini.

Tujuannya agar 2 part yang terhubung tersebut tidak mudah longgar dan tetap terjaga dengan baik koneksinya.

Grease

undefined

Mungkin dari semua benda diatas, yang satu ini palaing dikenal dan mungkin kamu memilikinya, istilah kerennya kita sebut pelumas, tapi bukan yang berupa cairan melainkan gel, bahan seperti ini lebih lama menempel di part dan mudah untuk diimplementasikan. 

Paling sering diimplementasi di dalam bottom bracket, headset dan part part sepeda lainnya yang bergerak.

Sumber Gambar:

TERIMAKASIH UNTUK

Terimakasih DomainesiaTerimakasih Digital Ocean