Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Wheelset

Apakah kamu ada rencana untuk beli wheelset, ok silahkan, tapi sebelum beli ada beberapa hal yang kamu perhatikan nih, daripada sudah menggelontorkan beberapa rupiah, tapi eh salah beli dan tak bisa di pasang di sepeda.

Disc Brake atau Rim Brake

Hal ini sangat penting, jenis rem apakah yang ada disepeda kamu, rim brake ataukah disc brake. Hal paling jelas membeakan antara rim brakes dan disc brake adalah, pada rim brake tersedia brake line di sisi paling luar rim, jika wheelset alloy maka berwarna silver, jika carbon bisa warna hitam atau bahan alloy pula, dan dibagian brakeline ini tidak ada stiker sama sekali agar pengereman bisa lancar.

Jika sepeda kamu menggunakan disc brake, ada 2 opsi lagi yakni 6 bolt atau center lock, 2 hal itu adalah cara rotor disc brake terkunci di wheelset. Untuk mengetahuinya gampang banget, lihat saja di rotor sepeda kamu, jika ada 6 baut mengelilingi rotor maka kamu perlu mencari wheelset disc brake six bolts, jika tidak maka kamu mencari wheelset disc brake center lock.

Quick Release atau Thru Axle

Quick release (QR) atau thru axle (TA) sendiri adalah jenis poros yang menjadi penghubung antara wheelset dan frame sepeda kamu. QR memiliki diameter lebih kecil dari TA dan darinamanya sendiri memungkinkan wheelset mudah dilepas pasang dengan cepat.

TA memiliki cara kerja sepertoi baut, yang mana untuk poros ini akan terkunci dengan frame, sehingga untuk melepaskan memerlukan alat khusus, biasanya allen key. Tidak semua TA memiliki ukuran yang sama, ukuran TA sendiri bisa dicek dari panjang dan diameternya.

Bahan Wheelset

Banyak sekali variasi wheelset dengan amcam bahan, saat ini yang sering ditemui adalah alloy atau fiber carbon, tapi alloy sendiri banyak jenisnya, fiber carbon sendiri juga banyak jenisnya pula, yang mana dari kedua bahan ini memiliki kesamaan, makin mahal maka makin ringan dan makin bagus pula kualitasnya.

Lebar dan Tinggi Rims

Rims adalah bagian wheelset yang membentuk lingkaran, makin tinggi rim maka kemampuannya untuk memecah angin akan semakin baik, tapi tentu saja makin banyak bahan yang digunakan makin berat pula bobotnya. Jika kamu ingin mencari wheelset dengan rim tinggi, lebih baik langsung carbon saja, karena jika alloy pasti akan sangat berat sekali. Disamping itu, jika kamu membeli rim yang tinggi semisal 50mm (high profile) maka kamu perlu menyampaikan tinggi rim kamu tersebut ke pemiliki toko jika ingin membeli inner tube, karena hal tersebut akan berpengaruh juga untuk tinggi valve.

Lebar rims sendiri lebih berpengaruh ke ban, akan cocok, jika lebar rims adalah lebar yang sama dengan lebar ban yang digunakan, tapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan ban yang lebih lebar. Semisal lebar rims adalah 25mm, tapi menggunakan ban luar 28mm, dan itu tidak masalah tergantung dari rimsnya berapa min dan max lebar ban yang disupport.

Kesimpulan

Nah kurang lebih seperti itulah, poin-poin yang perlu kamu pertimbangkan sebelum beli wheelset, disamping siapin budget dan brand favorit ya.

image sources :

https://www.rei.com/learn/expert-advice/bike-storage.html

TERIMAKASIH UNTUK

Terimakasih DomainesiaTerimakasih Digital Ocean