Impresi CSC Wheelset Dengan Hub Powerway R13 Ceramic Setelah 1000km

yussan avatar
Oleh Yusuf Akhsan Hidayat
Diposting sebulan yang lalu
Impresi CSC Wheelset Dengan Hub Powerway R13 Ceramic Setelah 1000km

Berawal dari keinginan penulis untuk mencari sebuah wheelset carbon rim brakes, yang mana saat itu tertuju ke brand Superteam. Di tengah-tengah pencarian penulis berjumpa dengan brand lain yang bermain diharga yang sama, yakni CSC singkatan dari Carbon Speed Cycle, nah inilah impresi setelah penggunaan kurang lebih 1000km.

Packaging

undefined

Untuk packaging tidak berbeda jauh dengan produk harga sejenis, yakno box karton besar yang langsung muat 2 wheelset tanpa ban luar. Tapi cukup disayangkan tidak ada peredam getaran dari baha sterefoam disini, tapi sudah cukup aman dengan peredam getaran dari karton.

Yang istimewa adalah sticker wheelset terpisah dan harus dipasang sendiri, sangat cocok untuk teman-teman yang suka polosan, kelengkapan lain meliputi buku manual, brakepad khusus dan qr.

No UCI Certified

Untuk spek yang sama dengan Superteam tidka bisa dibilang memiliki harga yang sama sih, untuk CSC ini lebih miring dengan spek yang sama. Superteam lebih memiliki keunggulan karena sudah tersertifikasi UCI sedangkan produk yang sama beli ini belum.

Test Specs 

Untuk produk yang saya test ini memiliki sepesifikasi sebagai berikut, lebar rims 38mm dan untuk rim brake. Total berat sepasang tanpa ban didapat +- 1.5kg, cukuplah untuk wheelset carbon harga segini. 

Tes akselerasi, stiffnessnya dapat, konversi power dari pedal ke putaran roda lebih berasa dan lebih ringan akselerasinya.

Tes pengereman, jika diraba dengan tangan bagian brake lanenya cukup licin sih, saya baca dari deskripsi untuk brake lanenya terbuat dari basalt, yang mana lebih aman di kondisi hujan dan lebih tahan panas. Suara khas dari carbon rim brake ketika pengereman saya dapatkan disini seperti suara jet ketika mengerem, cukup pakem untuk speed dibawah 40kpj, tapi ketika diatas itu gunakan teknik pengereman yang lain seperti mendorong pinggul ke belakang untuk mendapatkan hasil pengereman lebih maksimal.

Dari sisi frehub cukup spesial disini, saya memilih frehub dari Poweray R13 ceramic. Besar sekali perbedaan yang saya dapat di freehub ini dibanding dari yang saya pakai sebelumnya, yaknik Novatec Jetfly. Saya coba putar dengan power sedikit, putaran roda belakang cukup lancar tanpa effort dari awal unbox hingga sampai titik test ini.

Kesimpulan

Dari pengetesan dan hasil diatas, penulis cukup puas dengan wheelset ini. Namun ada beberapa hal yang belum ditest penulis, yakni ketika descent atau menuruni bukit ketika hujan dan kondisi ketika memasuki lubang saat kecepatan tinggi, semoga yang saat ini tidak pernah terjadi.

Jika kamu ingin tanya hal lainnya seputar wheelset ini, yuk sampaikan di komentar.

Sumber Gambar :
- https://tokopedia.com 

- yussan

TERIMAKASIH UNTUK

Terimakasih DomainesiaTerimakasih Digital Ocean