Lebih Mengenal Grand Tour dalam Balap Sepeda Dunia

Dalam dunia balap sepeda dikenal istilah Grand Tour, yang mana Grand Tour sendiri adalah kumpulan daritiga balap bersepeda profesional utama Eropa: Giro d'Italia, Tour de France dan Vuelta a Españam. Secara kolektif mereka disebut Grand Tours, dan ketiga balapan serupa dalam format menjadi balapan tiga minggu dengan tahapan harian. Mereka memiliki status khusus dalam peraturan UCI: lebih banyak poin untuk UCI World Tour didistribusikan di Grand Tours daripada di balapan lain, dan mereka adalah satu-satunya balapan yang diizinkan berlangsung lebih dari 14 hari. Yuk kita mengenal satu per satu.

Giro d'Italia

undefined

Giro d'Italia kadang juga sering disebut Giro saja, event balap sepeda yang utamanya diadakan di Italia, tapi juga bisa melintasi berbagai negara di sekitarnya tergantung rutenya. Pertama diadakan pada tahun 1990.

Giro biasanya diadakan selama Mei, terkadang berlanjut hingga awal Juni. Sementara rutenya berubah setiap tahun, format balapan tetap sama, dengan setidaknya dua kali uji coba, dan jalur melalui pegunungan Alpen, termasuk Dolomites. Seperti Grand Tours lainnya, edisi modern Giro d'Italia biasanya terdiri dari 21 tahap selama periode 23 atau 24 hari yang mencakup dua atau tiga hari istirahat.undefined

Jersey

Magla Rosa adalah jersey berwarna pink yang hanya dikenakan oleh pemegang skor tertinggi di tiap etape, dalam 1 musim balap pemilik jersey ini bisa berubah-ubah tergantung dari siapa yang menempati rangkin 1 untuk skor tertinggi, tapi hanya satu pemenang di akhir balapan. 

Maglia Azzurra, jersey biru, ditunjukan untuk pendaki terbaik di balapan, atau istilah kerennya KOM (King Of Mountain).

Maglia Rosso, jersey merah, akan memilih pebalap yang memperoleh poin terbanyak selama sprint menengah dan stage finish.

Maglia Bianca, jersey putih, adalah salinan kompetisi jersey putih Tour de France untuk pembalap muda terbaik. Ini diberikan kepada pembalap di bawah 26 dengan waktu agregat terendah pada klasifikasi umum.

Lebih lengkap seputar Giro d'Italia bisa kalian baca di https://www.giroditalia.it/ .

Tour de France

undefined

Tour de France (pengucapan bahasa Prancis: [tuʁ də fʁɑ̃s]) adalah perlombaan sepeda putra tahunan yang diselenggarakan di Prancis, sementara terkadang juga melewati negara-negara terdekat. Seperti Grand Tours lainnya (Giro d'Italia dan Vuelta a España), ini terdiri dari tahapan 21 hari selama 23 hari. Ini telah digambarkan sebagai "balapan sepeda paling bergengsi dan tersulit di dunia".

Pertama diadakah pada tahun 1903. Biasanya, perlombaan diadakan terutama di bulan Juli. Meskipun rutenya berubah setiap tahun, format balapan tetap sama dengan stage time trial, jalur pegunungan Pyrenees dan Pegunungan Alpen, dan finis di Champs-Élysées di Paris. Edisi modern Tour de France terdiri dari segmen sepanjang 21 hari (tahapan) selama periode 23 hari dan mencakup sekitar 3.500 kilometer (2.200 mil). Perlombaan bergantian antara sirkuit searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam di Prancis

undefined

Jersey

Jersey kuning, ditujukan untnuk leader, atau pemegang poin tertinggi.

Jersey hijau, poin diberikan kepada pembalap sesuai dengan posisi mereka menyelesaikan setiap tahap, dan ada poin tambahan untuk sprint menengah selama beberapa tahap. 

Jersey polkadot, poin diberikan untuk KOM (King of mountain). Pendakian dibagi menjadi lima kategori: 1 (paling sulit) hingga 4 (paling sulit) - lalu ada 'Hors Categorie', dilambangkan dengan HC yang mewakili pendakian yang paling menantang. Semakin sulit kategorinya, semakin jauh poin yang dicapai klasemen - pendakian HC akan melihat poin yang diberikan ke delapan pertama di puncak, sementara pendakian kategori keempat menghasilkan poin hanya untuk pembalap pertama di atas.

Jersey putih, seragam paling tidak mencolok dari semua seragam klasifikasi - warnanya putih polos - dihadiahkan kepada pebalap U-26 yang telah menyelesaikan Tour de France dalam waktu paling singkat. Jersey ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1975.

Lebih lengkap seputar Tour de France bisa mengunjungi https://www.letour.fr/en/landing-page .

La Vuelta a Espana

undefined

Vuelta a España (pengucapan bahasa Spanyol: [ˈbwelta a esˈpaɲa]; Inggris: Tour of Spain) adalah perlombaan sepeda multi-tahap tahunan yang utamanya diadakan di Spanyol, sementara terkadang juga melewati negara-negara terdekat. Terinspirasi dari kesuksesan Giro d'Italia dan Tour de France, balapan pertama kali diselenggarakan pada tahun 1935.

Jersey

Dipakai setiap hari oleh pemimpin setiap klasifikasi. Jersey Merah menunjukkan pemimpin klasifikasi waktu Umum, sedangkan Jersey Hijau dipakai oleh pemimpin klasifikasi Sprinter, Jersey Putih dipakai oleh pemimpin klasifikasi Gabungan, dan Polka Dot Jersey mengumumkan Raja Pegunungan.

Lebih lengkap seputar La Vuelta a Espana bisa mengunjungi https://www.lavuelta.es/en/ .

Sources :

  • https://en.wikipedia.org/wiki/Grand_Tour_(cycling)
  • https://www.giroditalia.it/en/symbols/

TERIMAKASIH UNTUK

Terimakasih DomainesiaTerimakasih Digital Ocean