Macam - Macam Drop Bar

yussan avatar
Yusuf Akhsan Hidayat
alias yussan sebagai Penulis
Macam - Macam Drop Bar

Ciri khas yang dimiliki oleh Road Bike dan sejenisnya adalah handlebarnya yang dilengkapi dnegan drop, atau bisa dipanggil dropbar. Meskipun terlihat sama, namun ada macamnya ada banyak dan berbeda-beda tergantung dari penggunanya. Berikut adalah beberapa tipe dropbar yang dirangkum dari Mau Gowes.

3 Macam Handlebar untuk Roadbike

Secara umum ada 3 macam handlebar untuk roadbike jika berfokus pada tipe dropnya. Sebenarnya ada banyak lainnya jika fokus ke variabel lainnya, semisal dirt handlebar, tt handlebar dan lainnya.

3 tipe tersebut antara lain Compact, Anatomic dan Traditional, berikut adalah gambar dan perbedaan dari masing-masing drop bar.

undefined

Sekilah terlihat sama ya, berikut perbedaannya.

Compact Drop Bar

Jika membeli road bike keluaran terbaru tipe drop seperti inilah yang lebih sering menjadi bawaan pabrik. Bentuknya compact, cocok untuk pengguna roadbike baru atau yang lebih suka memegang hood atau sisi atas dari handle bar yang mungkin tidak berencana untuk memegang bagian drop.

Drop bar seperti ini cocok digunakan untuk yang ingin lebih aero dan agresif sehingga mendapatkan speed yang lebih jika menggunakan hood untuk berkendara.

Kekurangannya jika digunakan untuk sprint dan kondisi saddle of, tidak senyaman menggunakan yang tradisional, karena kondisi dropnya yang tidak sejajar dengan jalanan.  

Traditional Drop Bar

Yang biasa menggunakan drop bar tipe ini adalah pembalap spesialis sprinter. Karena bagian dropnya yang cukup lebar dan sejajar dengan jalan, sehingga ketika posisi sprint dan saddle off maka lebih nyaman dan mantab ketika digenggam dalam kecepatan tinggi. Disamping itu posisi hoodnya juga lebih rendah, memungkinkan posisi agresif setiap saat.

 Anatomic Drop Bar

Dropbar seperti ini cocok untuk yang ingin merasakan kenyamanan dari compact drop bar dan agresif dari traditional drop bar. Namun levelnya tidak setinggi jika menggunakan compact atau traditional dropbar.

Kesimpulan

Nah dari semua jenis drop bar diatas, apakah kamu sudah memutuskan mana yang akan menjadi pilihanmu. Ingin berganti tipe atau masih ingin menggunakan yang sedang digunakan sekarang, sampaikan di komentar bawa tipe drop bar yang kamu pakai, dan alasan ingin bertahan/ganti tipe.

Sumber gambar : https://www.ludd.ltu.se/~torger/bikefit/

TERIMAKASIH UNTUK

Terimakasih DomainesiaTerimakasih Digital Ocean

LOADING...

sample text yuk