Penyebab Rear Derailleur (RD) Hanger Mudah Bengkok atau Patah

Penulis pribadi belum pernah mengalami yang kejadian rd (rear derailleur) hanger patah, tapi banyak dijumpai teman-teman gowes yang mengalami hal tersebut. rd hanger memang dibuat terpisah dari frameset karena fungsinya sama seperti crumple zone pada mobil, yang mana ketika terjadi tekanan berlebih tidak akan langsung sampai ke frameset melainkan rd hanger akan patah sehingga force akan teredam di rd hanger tersebut.

Berikut adalah beberapa penyebab RD hanger kamu bisa patah ketika sedang di gunakan gowes. 

Shifting Tidak Lancar

Mudah sekali mengetahui apakah shifting dalam kondisi lancar atau tidak, ketika menaikan atau menurunkan rd apakah rantai langsung berpindah atau ada suara - suara keras karena rantai kesulitan berpindah, ada juga kondisi ketika shifting rantai tidak menuju ke gear yang tepat bisa melompati atau bahkan tidak bergerak sama sekali.

Jika kami mengalami hal tersebut, atur kembali rear derailleur kami agar lebih smooth dan sesuai dengan gear yang dituju. Karena jika dibiarkan selain rd hanger yang patah, bahkan rd kamu juga bisa terkena imbasnya.

Crosschain

Crosschain adalah kondisi rantai yang menyilang ketika, gear depan paling kecil dan gear belakang paling kecil atau gear depan paling besar dan gear belakang paling besar. Kondisi cross chain tersebut akan semakin parah jika kamu menggunakan sprocket lebih besar dari bawaan pabrik, bisa saja 30 dan keatasnya.

Kondis crosschain tersebut membuat tekanan ekstra ke sisi kanan atau kiri dari fd, jika kondisi pedaling yang santai bisa saja tidak memberikan efek signifikan, tapi berbeda cerita ketika kamu melakukan pedalan dengan power yang tinggi.

Kecelakaan / Sepeda Jatuh

Semoga saja kita tidak pernah mengalami hal seperti ini, biarpun begitu tetap saja kecelakaan bisa terjadi pada siapapun. Jika kamu mengalami kecelakaan yang membuat sepeda terjatuh atau bahkan cuma sepeda jatuh karena salah parkir, pastikan kamu cek kembali rd hanger kamu. 

Pengecekan cukup dilakukan dengan mata, apa rd hanger masih lurus dan sejajar dengan frame, jika ada bengkok besar kemungkinan shifting tidak akan lancar, tapi jika bengkoknya tidak terlalu parah kamu bisa melakukan servis dengan meluruskan kembali rd hanger tersebut hingga sejajar dengan frame.

Sumber Gambar :

https://www.bikeradar.com/advice/workshop/how-to-adjust-the-gears-on-your-bike/

TERIMAKASIH UNTUK

Terimakasih DomainesiaTerimakasih Digital Ocean