Review Shimano RP3 Setelah 3000km

yussan avatar
Yusuf Akhsan Hidayat
alias yussan sebagai Penulis

Shimano RP3 merupakan salah satu varian sepatu untuk road yang memiliki harga dibawah Rp 1.500.000. Bahan utamanya adalah kulit sintesis dengan alas dari plastik keras, dari bobotnya bisa dibilang masih cukup berat, namun tersedianya fitur pengait memberikan nilai plus pada sepatu ini. Postingan ini membahas kondisinya setelah digunakan sepanjang 3000km. Sepatu ini sangat cocok bagi yang ingin berhemat untuk beli sepatu sepeda tapi ingin mendapatkan fitur pengait yang keren.

Untuk versi 2019 Shimano RP3 tersedia dalam 3 varian warna yaitu, putih hitam, hitam biru dan full hitam. Dari semua warna tersebut, kami paling suka varian yang warna putih karena lebih sporty. Untuk warna hitam menggunakan finishing glossy, jadi seolah-olah kami melihatnya seperti sepatu pantofel. Nah langsung saja yuk kita lihat kondisinya setelah 3000km dijalanan.

Kondisi Bagian Luar

Di bagian ini kita fokus untuk cek pada bagian kulit sintesisnya. Warnanya yang putih, pasti akan mudah kotor pula, apalagi bahannya kulit sistesis yang terkenal sebagai magnetnya kotoran. 
"Disini saya ada tips, agar warna putihnya tetap terjaga, usahakan setiap kali dipakai, terutama setelah dipakai jarak jauh langsung dicuci, gunakan sikat lembut dan deterjen khusus kulit sintesis agar tahan lama pula". Terbukti, setelah 3000km melintasi hujan, kena lumpur,kena debu dan kotoran lainnya masih terlihat kinclong sampai sekarang.

Diujung sepatu ini ada bahan yang terbuat dari silicon transparan, justru bagian inilah yang susah untuk dibersihkan, dan akan terus menguning sepanjang waktu. Kami hanya menggunakan deterjen pakaian biasa untuk membersihkan bagian ini, mungkin ada bahan khusus untuk membersihkan silicon, mungkin akan kami coba kedepannya.

Perekat dan Pengait

Dari segi fungsi dan kualitas masih cukup baik sama ketika setelah membelinya. Hanya saja ada perbedaan warna cukup terlihat di bagian velcro, bahannya adalah kain, dan menyerap kotoran lebih baik daripada bahan yang terbuat dan kain sistesis. Untuk bagian velcro sendiri bisa dibersihkan dengan deterjen pakaian seperti Rinso, Daia dan lain-lain.

Bagian Sol Dalam

Kami cukup terpukau dengan kualitas yang diberikan oleh Shimano RP3 dibagian sol dalam ini. Disamping bahan yang nyaman dan kuat, finishingnya juga tahan lama, terlihat dari label yang masih terlihat jelas. Dengan hasil itu, maka bisa diambil kesimpulan sedikit sekali gesekan yang ada didalam sepatu ini, dengan itu pula tingkat presisinya cukup luar biasa, jempollah untuk bagian ini.

Bagian Bawah

Yang kami suka pada bagian bawah ini adalah bahannya cukup kaku dan cocok untuk bersepeda. Tapi karena dari plastik, maka untuk mencapai tingkat kekerasan tersebut memerlukan ketebalan lebih, sehingga lebih berat pula.

Disini terlihat lecet - lecet, itu sudah biasa,karena bagian inilah yang paling sering terkontak dengan objek keras dijalanan. Saya juga sering menggunakan sepatu ini ketika berjalan, terutama ketika mampir ditoko. 

Belum ada bagian yang retak maupun pecah, karetnya pun juga masih menempel dengan sangat sempurna.

Kesimpulan

Ketika kami beli, harga sepatu ini sekitar Rp 1.200.000,- , dengan harga segitu sepatu ini sudah sangat rekomendasi, baik dan fitur dan ketahanannya.

TERIMAKASIH UNTUK

Terimakasih DomainesiaTerimakasih Digital Ocean

LOADING...

sample text yuk