Sekilas Tour de Ambarrukmo 2019

yussan avatar
Yusuf Akhsan Hidayat
alias yussan sebagai Penulis

Tahun ini Tour de Ambarukmo kembali diadakan, dan pesertanya waw sampai 1600 peserta, angka yang sungguh fantastis. Ada 2 kategori untuk tour kali ini, yaitu non race dan race untuk merebut gelas KOM dan QOM. Race diadakan bersamaan dengan tour peserta non race, hanya saja nanti jalurnya akan sedikit berbeda. Panjang jalurnya adalah 130KM untuk non race dan 145KM untuk race.

undefined

Start Dimulai Pada pukul 5:30am 20 Juli 2019 di Pendopo Ambarrukmo. Tim Mau Gowes telah bersiap di beberapa titik untuk merekam segala aktifitas di dalam tur ini untuk disampaikan kepada pemirsa. Yang bikin tambah semangat, karena start dibuka langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Kelengkapan Tour

Persiapan di tour ini sudah cukup memadai, mulai dari mobil sweeper, ambulans patwal, road captain, semuanya ada. Namun akan lebih jika jumlahnya ditambah, berhubung jumlah peserta yang ikut serta sampai 1600-an. 

Semua peserta pun start dengan jersey kuning, kecuali road captain yang menggunakan warna hijau.   

3 Checkpoint

Dari start ke finish, ada 3 checkpoint untuk seluruh peserta bisa melakukan istirahat atau mengisi kembeli bekal. Checkpoint pertama ada di Waduk Sermo, Kulon Progo. Checkpoint kedua ada di Lapangan Tempel di Sleman dan checkpoint ketiga ada di Candi Prambanan Sleman. 

Jalur di Waduk Sermo terkenal akan jalurnya yang khas daerah samping gunung, tapi jalur yang dipilih panitia cukup bersahabat untuk seluruh level goweser karena sifatnya yang roling. Hal ini juga berlaku untuk jalur yang berada di sekitaran daerah tempel, karena daerah Tempel berada di kaki Gunung Merapi. Sisanya jalur dari Candi Prambanan ke garis finish di Pendopo Ambarukmo adalah jalur perkotaan yang sifatnya flat, tapi karena saat itu sudah menunjukan pukul 11 ketika menuju garis finish, maka panitia dan satpatwal perlu kerja ekstra untuk mengamankan jalur tur ini.

KOM/QOM Race

Setelah menyelesaikan sesi di checkpoint 1 di waduk sermo, jalurpun terbagi 2, untuk peserta race maupun non race. Untuk peserta race KOM/QOM akan masuk area pegunungan yang mana tanjakan dan turunannya lebih ekstrim.

undefined

Saat tur berlangsung memang cuacanya cukup mendung dan kadang hujan rintik-rintik tapi cuma sebentar. Karena lokasi KOM/QOM race didaerah ketinggian, maka kabutpun menyelimuti daerah tersebut, membuat suasana semakin epic.

Selamat untuk para pemenang. Pemenang dibagi menjadi beberapa kategori antara lain :

KOM :

  • Under 30 : Warna Biru
  • 31-40 : Warna Kuning
  • 41-50 : Warna Merah
  • Above 51 : Warna Hijau

QOM:

  • Under 35 : Warna Pink
  • Above 36 : Warna Oranye

(maksud dari warna diatas adalah warna nomor)

Untuk lebih tahu seputar KOM/QOM ini, bisa dibaca di https://tourdeambarrukmo.com/race-regulation/

Referensi : 

Sumber Gambar :
- https://www.instagram.com/tdambarrukmo/
Sumber Data :
- https://kompetisi.id/competition/TVRJd053PT0/regulations/Tour-De-Ambarrukmo-2019
- https://tourdeambarrukmo.com

TERIMAKASIH UNTUK

Terimakasih DomainesiaTerimakasih Digital Ocean

LOADING...

sample text yuk