Hookless Rims di Sepeda

Sebelum beli ban baru, cek dulu rimsnya, hookless rims atau bukan, karena saat ini ada rims dengan tipe hookless rims yang tentu tidak semua ban sepeda akan support rims jenis ini. Hookless rims adalah sebuah teknologi di rim sepeda, tepatnya berapa berada di bagian sisi dalam rim, hook/pengait digunakan agar ban sepeda bisa menyatu dengan rims.

Sekilas

Disaat kebanyakan velg sepeda yang menggunakan hook untuk mengunci ban, mari kita melihat berbagai macam teknologi road didunia lain, seperti pada sepeda motor ataupun mobil yang biasa dipakai sehari. Jika kamu mampir ke toko ban motor / mobil, coba perhatikan rims/velgnya, tidak ada hook sama sekali, smooth, itu hookless rims, kenapa seperti itu akan kita bahas di artikel ini.

undefined

Hookless Rims Sangat Cocok untuk Ban Tubeless

Jadi, mari kita bicara tentang hookless. Jika Anda seorang pengendara sepeda gunung yang serius, Anda menjalankan pengaturan tubeless, dan jika Anda menjalankan roda Enve Seri M atau rangkaian roda karbon atau alloy lainnya, rims Anda kemungkinan besar dilengkapi hookless. Pada tahun 2014, Enve meluncurkan Seri M pertama dan seluruh lini roda menampilkan desain tanpa kait, dan sementara merek lain memiliki hookless, peluncuran Seri M mempercepat penerapannya. Alasan untuk hookless ada dua:

  • Performa tubeless yang lebih baik
  • Konstruksi rims yang lebih kuat

Beberapa masakah yang sering dialami pengguna tubeless tire adalah sendawa, dimana angin keluar lewat celah antara rim dan ban, seperti pada gambar dibawah ini.

undefined

Untuk mengatasi masalah ini dan menghilangkan satu variabel masalah, Enve beralih ke desain tanpa kait/hookless pada Seri M untuk memastikan bahwa diameter rims bead seat konsisten dan lebih akurat. Tanpa kait memungkinkan Enve menggunakan perkakas keras mesin untuk membuat diameter hook-beads yang lebih presisi, sedangkan perkakas hook-beads (cetakan) Enve lembut sehingga benar-benar bisa dilepas dari rims dengan mudah. 

Dalam waktu singkat lima tahun sejak peluncuran Seri M pertama, teknologi tubeless telah berkembang pesat dan sebagian besar masalah telah ditangani antara antarmuka ban dan rims dalam hal retensi udara dan ban. Namun, di sisi jalan dan kerikil, industri ini masih berkembang untuk menyelesaikan banyak masalah yang sama yang melanda tubeless di sisi sepeda gunung selama bertahun-tahun. Masalah nomor satu adalah retensi ban.

Kenapa Hookless Untuk Road / Gravel

Dari cerita diatas, kita langsung masalah hurping/sendawa sering dialami oleh sepeda di jalur offroad, terus kenapa ada produk rims dengan hookless?.

Inilah 2 jawaban utamanya :

  • Peningkatan efisiensi melalui tahanan gelinding yang lebih rendah (dengan asumsi ban berperforma tinggi)
  • Mengurangi risiko terjepit flat dan sealant mengurangi kemungkinan ban kempes akibat bocor
  • Aerodimanik 
  • Durabillity, karena memungkinkan produsen membuat rims lebih kuat tanpa ada sisi yang dibengkokkan untuk membuat pengait ban.

Kesimpulan

Singkatnya, hookless adalah untuk pengendara yang ingin menikmati keunggulan kinerja teknologi roda dan ban jalan, kerikil, dan sepeda gunung modern. Meskipun masih banyak kemajuan yang harus dibuat dalam hal produsen ban dan pelek yang bekerja sama untuk memastikan ban aman digunakan dengan pelek tipe hookless, banyak pabrikan ban membuat ban luar biasa yang telah terbukti andal dan aman saat dipasangkan dengan desain Hookless / tanpa kait dari Enve. ditampilkan pada model wheelset Enve SES, Seri G, dan Seri M.

References :

  • https://www.enve.com/en/journal/behind-the-product-the-hookless-bead-how-it-works-and-who-theyre-for/

TERIMAKASIH UNTUK

Terimakasih DomainesiaTerimakasih Digital Ocean