Membedakan Flat Mount dan Post Mount di Roadbike Disc Brake

yussan avatar
Yusuf Akhsan Hidayat
alias yussan sebagai Penulis
Membedakan Flat Mount dan Post Mount di Roadbike Disc Brake

Jika bicara tentang flat mount dan post mount maka pandangan kita akan terfokus pada bagian kaliper untuk disc brake, lebih tepatnya bagian untuk mounting atau memasang kaliper disc brake. Gampangnya kita perhatikan pada gambar diatas, dan penjelasan di bawah ini.

Post Mount

undefined

Kaliper disc brakes yang menggunkan post mount memerlukan part tambahan untuk mounting, sehingga kaliper tidak langsung terpasang di frame, melainkan terpasang terlebih dahulu di mouting, baru dari mounting akan terpasang langsung ke frame sepeda. Namun beberapa frame banyak pula yang telah menyediakan mounting langsung dari framenya, sehingga kaliper lebih mudah dipasang.

Post mount sangat dibutuhkan jika ukuran kaliper kecil tapi rotor (cakram rem) berukuran besar, sehingga kaliper bisa terpakai dengan aman dan lancar.

Flat Mount

undefined

Sama seperti post mount, kaliper disc brakes yang menggunakan post mount dipasang sejajar dengan frame sepeda, hanya saja kaliper langsung terpasang pada frame sepeda, sehingga membuat ukuran lebih minimalis. Hal itu pulalah kenapa disebut flat mount, karena jarak antara kaliper dan frame flat, alias sedikit celah, ada beberapa flat mount yang menggunakan tambahan mounting, tapi tetap saja celah yang dihasilkan tidak sebanyak post mount.

Kesimpulan

Jika dibilang lebih baik mana, maka susah, karena masing-masing ada karena tujuan tertentu, post-mount jika ingin menggunakan rotor-besar, flat mount jika ingin yang kompak. Tapi jika dilihat dari ukuran dan bahan yang sama, maka flat mount bisa dibilang lebih ringan karena jumlah materi yang lebih sedikit daripada postmoun.

Image Source

https://www.bikehugger.com

https://www.sepeda.me

TERIMAKASIH UNTUK

Terimakasih DomainesiaTerimakasih Digital Ocean

LOADING...

sample text yuk