Merubah Sepeda MTB ke Sepeda Hybrid

yussan avatar
Yusuf Akhsan Hidayat
alias yussan sebagai Penulis
Merubah Sepeda MTB ke Sepeda Hybrid

Apakah saat ini kamu memiliki sepeda MTB dan sedang ingin merubahnya agar lebih enak di jalan raya / aspal. Berikut adalah beberapa perubahan yang bisa kamu lakukan untuk sepeda MTB kamu agar bisa menjadi sepeda hybrid, Terimakasih untuk Mr ADH atas kontribusinya.

undefined

Berikut adalah contoh transformasi dari MTB ke sepeda Hybrid yang sudah dilakukan teman saya. Berawal dari sepeda Thrilll Rave 4.0 MTB tipe hardtrail, seharga kurang lebih 6 juta rupiah. berikut adalah beberapa perubahan yang wajib kamu lakukan agar sepeda MTB bisa lebih maksimal dijalan aspal.

Fork Rigid

undefined

Fork yang rigid atau kaku sangat berperan sekali untuk membangun speed dan kestabilan ketika di jalan raya. Disamping itu juga membuat energi yang dikeluarkan kaki kamu lebih efisien dan energi yang sampai kesepeda dari kaki kamu lebih efektif. Jika masih menggunakan fork dengan suspensi, selain membuat sepeda lebih berat. Tiap energi dari kayuhan akan terserap oleh shock breaker yang ada, dan ketika kecepatan tinggi tidak akan sestabil dengan yang sudah menggunakan fork rigid. 

Fork rigid juga memiliki lebar sisi dalam yang lebih kecil sehingga memungkin kamu untuk menggunakan wheelset dan ban yang tidak terlalu lebar. Untuk kualitas yang terjamin, kamu bisa mendapatkan part ini, mulai dari harga 1 juta rupiah.

Wheelset dan Ban

undefined

Perubahan disisi ini akan sangat berasa dari pada menggunakan ban MTB yang besar dan memili ulir cukup dalam. Setelah mengganti fork rigid yang lebih sempit, kini memungkinkan untuk kamu menginstalasi wheelset baru yang lebih sempit, tentunya dengan diselimuti ban tanpa ulir yang lebarnya sekitar +-30mili, atau terserah kamu. 

Dengan mengganti part ini sepeda kamu akan lebih ringan dan rolling resistansinya lebih tinggi. Mengurangi beban sepeda ketika melaju dengan gesekan terhadap aspal. Bagian ini bisa menghabiskan +-1.5 juta rupiah (bersumber dari harga Polygon Path).

Kesimpulan

Nah cukup 2 perubahan itu saja bisa membuat peforma kamu di jalan aspal lebih naik. Inti dari perubahan ini adalah mambuat sepeda lebih ringan, membuat fork dan frame lebih rigid / kaku dan menambah rolling resistance dari road. Selamat melalukan transformasi.

Source : https://www.strava.com/activities/2105805174

LOADING...

sample text yuk