Ternyata Ada Gear Shifting Hidrolik di Sepeda

yussan avatar
Yusuf Akhsan Hidayat
alias yussan sebagai Penulis
Ternyata Ada Gear Shifting Hidrolik di Sepeda

Berawal ketika gowes bareng di Peloton .co Jogja, nah salah satu teman gowes ada yang membawa sepeda dengan grupset yang unik, yakni Rotor 1 x 13, dari jauh terlihat biasa, tapi setelah mendekat loh ada kabel tapi tidak kelebihan, setelah tanya kepemiliknya ternyata hidrolis, waw biasanya kan kalo Gear Shifting sepeda kalo bukan mekanik ya elektronik, ternyata ada yang hidrolik, ini ceritanya.

Rotor 1 x 13 

Hal pertama yang unik disini adalah speednya, dimana 1 x 13, ala-ala sepeda MTB gitu, tapi rasionya rasio roadbike kok, jadi tenang saja speed terjaga. 

undefined

Sumber : https://rotorbike.com/1x13-groupset-road/

Seperti diataslah perbandingan rasio group set Rotor 1 x 13 dan yang mainstream. Dengan berkurangnya chainring, maka otomatis lebih ringan, nah itu adalah salah satu keunggulan Rotor 1 x 13. 

Nah mungkin bagi yang pertama menggunakannya, akan berasa aneh, karena shifter sebelah kiri tidak ada, jadi pengguna cuma main shifter di sebelah kanan saja.

Keunggulan Hidrolik Gear Shifting

Dibanding dengan yang mekanik menggunakan kabel, sistem hidrolik tentu jauh lebih ringan, bahkan hampir mendekati yang elektrik. Namun harga yang ditawarkan tidak semahal groupset dengan sistem elektrik. 

Berikut beberapa kelebihan yang lain :

  • Seringan gear shifting dengan sistem elektrik
  • Tidak memerlukan baterai
  • Bobot lebih ringan
  • Presisi dan peforma lebih bagus daripada shifting mekanik

Harga

Rotor 1 x 13 grupset full dijual seharga €2,599 / £2,299 / $2,800 untuk varian paling murah dan €4,499 / £3,999 / $4,900 untuk varian top endnya, jika dirupiahkan sekitar 40 jutaan rupiah untuk termurah dan sekitar 68 jutaan rupiah untuk seri top end.

Sumber : 

https://rotorbike.com/1x13-groupset-road/ 

TERIMAKASIH UNTUK

Terimakasih DomainesiaTerimakasih Digital Ocean

LOADING...

sample text yuk