Yang Perlu Di Perhatikan ketika Ganti Stem

Apakah kamu ingin mengganti stem sepeda, terutama roadbike, agar tidak salah beli berikut beberapa panduan yang bisa kamu perhatikan.

Diameter Clamp Stem

Diameter yang di maksud disini adalah diametar bagian stem yang terpasang dengan handlebar dan steerertube, karena sekali salah ukuran bisa jadi stem kamu tidak bisa dipasang. 

Beberapa ukuran steerertube yang populer adalah 1 1/8 inc dan 1 1/4 inc. Banyak juga beberapa stem yang support untuk kedua ukuran steerertube tersebut dengan menambahkan semacam spacer.

Sedangkan untuk ukuran handlebar masih banyak yang memiliki sama, yakni 31.8mm.

Bahan Stem

Untuk bahan ini berefek dari sisi harga dan bobotnya tergantung dari bahan yang digunakan. Beberapa bahan yang banyak tersedia di pasaran ada dari Alloy, Carbon dan Titanium. Untuk stem berbahan carbon biasanya memiliki bentuk yang lebih beragam daripada stem dari Alloy atau Titanium, karena materialnya yang mudah dibentuk dan ringan sehingga bisa dibuat lebih besar.

Panjang dan Kemiringan Stem

Panjang dan kemiringan stem ini memberikan opsi reach yang lebih jauh atau lebih dekat. Dengan bikefit yang proper, akan sangat membantu kamu untuk menentukan panjang dan kemiringan stem yang paling sesuai, atau kamu bisa ke toko sepeda sambil bawa sepeda dengan mencoba beberapa opsi stem yang tersedia.

- yussan -

TERIMAKASIH UNTUK

Terimakasih DomainesiaTerimakasih Digital Ocean