Jangan Asal Beli Ban Dalam Sepeda

yussan avatar
Yusuf Akhsan Hidayat
alias yussan sebagai Penulis
Jangan Asal Beli Ban Dalam Sepeda

Ban dalam atau inner tube adalah bagian utama dari sepeda, karena sifatnya yang flexible dan bisa dilipat sangat kecil membuatnya mudah untuk dibawa-bawa ketika bersepeda, jaga-jaga jika ada kondisi darurat. Sebagai cadangan banyak rider yang beli terlebih dahulu bahkan sebelum terjadi kerusakan pada ban sekarang yang sedang dipakai, pastikan tidak asal beli ya, karena patokannya bukan dari lebar ban luar saja tapi masih banyak faktor lainnya, berikut deskripsinya.

 

Jenis Sepeda

Jenis sepeda juga mempengaruhi jenis inner tubenya, roadbike lebih ke bahan yang ringan dan tahan lama untuk putaran tinggi dan memiliki tekanan udara yang tinggi, mtb yang tahan pada kondisi ekstrim , folding bike yang memiliki ukuran lebih kecil dan sebagainya.

 

Lebar Ban Luar

Pertama cek terlebih dahulu lebar ban yang disupport oleh inner tube tersebut. Biasanya satu inner tube support untuk berbagai ukuran lebar ban, sebagai contoh ukuran 23mm- 28mm untuk roadbike dan sebagainya.

 

Diameter Roda 

Beda sepeda biasanya beda pula diameter, jika di MTB ada ukuran 26 inci, 27,5 inci atau 29 inci dan sebagainya, roadbike biasanya memiliki ukuran standar 700c. 

 

Lebar Rims

Untuk bagian ini lebih sering ditemukan pada roadbike, karena ada beberapa produsen wheelset yang membuat rims dengan kedalaman yang berbeda-beda pula, tujuan utamanya untuk aero. Semakin lebar rimsnya maka kamu juga harus mencari inner tube yang memiliki valve / katup yang panjang pula, biasanya kurang lebih + 50mm dari lebar rims kamu. 
Semisal lebar rims adalah 25mm, maka cari inner tube dengan panjang katip +-75mm.

 

Kurang lebih seperti itulah 4 hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli inner tube. SEmoga dengan postingan ini tidak ada tragedi salah beli, jika ada yang kurang tolong komentar di kolom komentar dibawah ya, terimakasih.

LOADING...

sample text yuk