Kini Gravel Bike Juga Ada Fork dan Seatpost dengan Shock Breaker Apa Bedanya Dengan MTB

Kini Gravel Bike Juga Ada Fork dan Seatpost dengan Shock Breaker Apa Bedanya Dengan MTB

Bicara seputar asal mula Gravel Bike yang hadir dari USA, karena sepeda ini tercipta untuk jalanan khas Amerika, gravel road yang panjang luas, karena jika di jalan raya akan banyak bertemua truk-truk besar dan sebagainya. Ketika dibawa kenegara lain, belum tentu memiliki gravel road yang sama persis, bahkan jalur ekstrim sepeda single track MTB juga dilewati gravel bike, sehingga opsi gravel bike ini sangat luas, seperti kata Om Aza di Main Sepeda, opsi gravel bike sangat luas dari on road hingga off road. Hingga ada produsen menciptakan shockbreaker khusus untuk gravel bike, berikut adalah perbedaannya dengan shockbreaker untuk MTB.

Contoh Produk Shock Breaker dari RockShox

RockShox adalah brand di bawah SRAM telah menghasilkan beberapa varian produk khusus untuk Gravel Bike bisa cek di halaman berikut https://www.sram.com/en/rockshox/ride-style/gravel?filters=&sort=Relevancy&page=1

undefined

Disini kita fokus pada produk untuk shock breaker atau shock absorbernya. Ada 2 jenis, untuk fork dan seatpost. 

Dropper Post

undefined

Tidak berbeda jauh dengan Dropper Post yang biasa di temukan di sepeda MTB. Disini saya ambil sample produk dari Rockshox, dropper post sendiri ditujukan untuk memudahkan menaik turunkan seatpost hanya dengan satu tombol, mirip ketika kamu duduk di kursi kantor. Namun di samping fungsi tersebut, dropper seatpost bisa juga di jadikan sebagai shock breaker.

Dropper post untuk gravel biasanya memiliki length yang lebih panjang dari punya MTB. Karena kita tahu sendiri geometry dan desain frame dari Grave Bike sendiri mirip dengan Roadbike, kombinasi 3 segitiga dan sebuah fork.

Hanya saja jika rute yang kamu lewati tidak terlalu teknikal, menggunakan dropper post seperti ini sepertinya kurang bijak, selain menambah berat, juga akan jarang di pakai untuk fungsi utama naik turunnya. Sehingga ada opsi lain, seatpost dengan shock absorber seperti dibawah ini, produk dari Redshift.

undefined

Shock ini bisa di atur untuk kekerasannya, sehingga jika kamu berencana hanya ingin lewat jalur aspal, cukup buat keras saja agar peforma aman. Jika ada jalur off-roadnya, set aja kekerasannya sesuai kebutuhan.

Fork with Shock Absorber

undefined

Oke kita ambil sample lagi produk dari Rockshox, yaitu Rockshox Rudy Ultimate. Yups desain memang sama persis dengan fork untuk MTB, bahkan kita sebenarnya juga bisa menggunakan fork MTB di gravel bike.

Perbedaan fork shock breaker khusus untuk gravel bike dan MTB ada beberapa, pertama dari desainnya yang di buat lebih minimalis sehingga bobot lebih ringan (tentu makin mahal juga bisa makin ringan juga), untuk itu harga fork shockbreaker Rockstok diatas saat postingan ini dibuat sampai 13 jutaan rupiah. 

Perbedaan berikutnya ada di travelingnya yang dibuat lebih pendek, tujuannya agar tidak merubah geometry dari gravel bike sendiri, sehingga posisi handlebar headtube masih terjaga seperti menggunakan fork bawaan. Disamping itu traveling yang lebih rendah, membantu membuat titik gravity juga lebih rendah sehingga sepeda masih mudah di kendalikan terutama ketika high speed. Fitur wajib berikutnya adalah untuk turn on dan off shock ini, agar nyaman di aspal, tanah atau kombinasinya.

Opsi selain fork dengan shock absorber seperti diatas, ada opsi lain dari Redshift. Yang mana untuk shock absorbernya terpasang di bagian stem, dan bisa di atur kekerasannya seperti seatpost Redshift diatas.

undefined

Latest Posts

TERIMAKASIH UNTUK

Terimakasih DomainesiaTerimakasih Digital Ocean