Solusi Menggunakan Clipless Pedal Tanpa Sepatu Cleat

yussan avatar
Yusuf Akhsan Hidayat
alias yussan sebagai Penulis

Apakah kalian menggunakan clipless pedal untuk sepeda kalian dan sering menggunakannya tanpa sepatu cleat, gimana rasanya licin kan. Nah postingan ini akan memberikan solusi agar kalian tetap aman menggunakan clipless pedal tanpa sepatu cleat.

Apa Sih Clipless Pedal dan Sepatu Cleat

Clipless pedal adalah pedal khusus untuk sepeda, ada 2 macam sih untuk road dan untuk mtb, tapi tujuannya sama, kurang lebih seperti inilah bentuk dari clipless pedal khusus untuk roadbike, mtb dan pedal biasa.

undefined

sumber : https://www.dedhambike.com/buyers-guides/all-about-clipless-pedals-pg231.htm

Yang membedakannya adalah, adanya pengait khusus di pedal tersebut, pengait tersebut didukung oleh pegas yang kuat. 

Nah pasangan dari clipless pedal adalah sepatu cleat, sepatu khusus yang dibuat untuk pesepeda agar bisa terkait dengan kuat di clipless pedal. Seperti inilah contoh sepatunya.

undefined

Sumber : https://cyclingtips.com/2018/12/shimano-s-phyre-rc901-vs-rc701-road-footwear-review/

Yang membedakan dengan sepatu biasa adalah adanya cleat di bagian bawah sepatu, cleat tersebut agar terkait dengan kuat pada clipless pedal. sehingga tidak akan mudah terlepas terutama ketika mengayuh. Terus bagaimana cara mencabutnya, tentu saja ada cara khusus untuk melakukannya, dan memerlukan latihan rutin agar terbiasa.

Clipless Pedal dengan Sepatu Biasa

Sebenarnya dengan sepatu biasa kalian masih bisa sih mengayuh sepeda yang menggunakan clipless pedal, tapi tentu berbahaya, karena bahan utama clipless pedal adalah logam yang permukaannya licin, jadi jika salah injak saja bisa terpeleset deh. Berbeda dengan sepatu cleat yang memang ada bagian agar terkait dengan sempurna di clipless pedal.

Solusi Clipless Pedal dan Sepatu Biasa

Tentu ini bukanlah masalah besar, karena saat ini ada produk yang namanya pedal plate.

undefined

Seperti terlihat digambar, pedal plate ini akan dikaitkan dengan clipless pedal dan mudah pula dipasang dengan tangan, sehingga menghasilkan permukaan rata dan kesat sehingga mudah di kayuh menggunakan sepatu biasa ataupun pedal. 

Sesuai jenis clipless pedal, maka pedal plate ini juga tersedia untuk 2 macam, yakni roadbike dan mtb. Tinggal search saja keyword tersebut di marketplace favorit kamu. Gambar diatas adalah contoh pencarian dengan menggunakan Google Shop Search, berikut linknya https://www.google.com/search?q=pedal+plate&safe=strict&sa=X&tbm=shop&sxsrf=ACYBGNRn9W1MJS42a9weuvd7jmIJdwj21A:1573481356348&tbs=vw:g&ved=0ahUKEwiv57jqquLlAhUKbn0KHeS8DCoQvQ0I1wE&biw=1440&bih=766 . Penulis telah mencoba salah satu varian pedal plate untuk road bike, tingkat kekencangannya sangat bisa diandalkan, kamu tidak perlu kawatir pedal plate ini akan lepas ketika dipakai dijalanan. Nah karena hal tersebut, akan sulit untuk melepas pedal plate dengan tangan, perlu alat khusus untuk melepasnya.

Nah silahkan dicoba sendiri, semoga postingan ini membantu.

TERIMAKASIH UNTUK

Terimakasih DomainesiaTerimakasih Digital Ocean

LOADING...

sample text yuk