Lebih Mengenal Symetrical Dual Pivot Rim Brakes

Lebih Mengenal Symetrical Dual Pivot Rim Brakes

Apakah roadbike kamu masih menggunakan rim brakes dan berencana untuk upgrade ke disc brake, sebelum banyak pengeluaran, mari cek dulu, apakah rim brakes kamu symetrical atau asymetrical dual pivot rim brake. Jika sudah symetrical dual pivot rim brakes, sepertinya postingan ini tidak banyak membantu :) .

Jika dilihat sekilas memang sama, tapi antara asymetrical dan symetrical dual pivot rim brakes memiliki cara kerja yang berbeda, dan tentu peforma yang berbeda pula.

Asymetrical Dual Pivot Rim Brakes

undefined

Untuk contoh yang digunakan pada postingan ini adalah caliper dari Shimano Tiagra, sudah menggunakan dual pivot, ditandai ada 2 lengan yang bergerak ketika tuas rem di tekan. Disini hanya ada poros yang berada ditengah sehingga ada perbedaan panjang antara tuas kanan dan kiri, sehingga ketika di dempetkan seperti di gambar maka tidak bertemua di titik tengah yang sama. 

Hal ini menghasilkan tekanan yang diberikan ke rims wheelset berbeda antara sisi kiri dan kanan.

Symetrical Dual Pivot Rim Brakes

undefined

Dalam postingan ini menggunakan Shimano Ultegra, dengan cara kerja yang sama, yakni ketika tuas rem di tarik, maka kedua tuas akan mencengkeram rims wheelset, tapo dengan adanya 2 poros putar dengan posisi yang sama, maka antara tuas kanan dan kiri akan bertemua di titik yang sama.

Hal ini menghasilkan tekanan yang diberikan ke rims wheelset lebih seimbang dan lebih kuat.

Kesimpulan

Jika kamu masih menggunakan asymetricalcal dual pivot rim brakes, upgrade ke symetrical dual pivot rim brake adalah hal yang patut dilakukan, karena tentu dengan titik temu yang sama, maka akan menghasilkan hasil pengereman yang lebih handal daripada yang asymetrical. Disamping itu harga beli sepasang caliper lebih murah daripada beli sepaket, frameset, wheelset dan seperangkat disc brake.

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=AXkSiAWQMsw - SickBiker Youtube

Latest Posts

TERIMAKASIH UNTUK

Terimakasih DomainesiaTerimakasih Digital Ocean