Mengenal Hydro Forming pada Frame Alloy

Ketika membeli sebuah sepeda dengan frame yang menggunakan bahan alloy, sering dijumpai shape yang beragam, bukan hanya sekumpulan pipa yang dilas menjadi satu bagian. Sebegai contoh pada gambar diatas yaki Trek Emonda ALR 2020, yang mana framenya terbuat dari alloy dan dibuat dengan teknik hidro forming. Hidro forming ini ditujukan untuk membentuk shape sesuai kebetuhan berawal dari shape awalnya yakni berupa pipa atau biasa disebut alloy tubing.

Bahan Utama Frame Alloy

undefined

Sebelum menjadi frame-frame sepeda keren, berikut adalah bahan utama untuk membuat frame dari bahan alloy, biasa disebut dengan alloy tubing. Untuk kemudian dipotong-potong sesuai ukuran dan di sambung dengan pengelasan. 

Berbeda dengan fiber carbon yang pembuatanya dengan dicetak, bahan logam seperti ini cenderung keras dan susah untuk dibentuk, nah disinilah hydro forming bertindak.

Hydro Forming

undefined

Cara kerja hydro forming adalah dengan memberikan air bertekanan tinggi ke dalam alloy tube tadi, sehingga membuat bentuknya berubah, dan karena ada cetakannya membuat tingkat kepresisiannya lebih tinggi dari pada teknik stamping. Teknik stamping sendiri adalah teknik yang sama untuk membuat tulisan di plat nomor atau bahasa lainnya pencapan.

Bahkan lekukan ekstrim dan cukup tajam bisa dengan mudah di buat dengan teknik hydro forming ini.

Sumber gambar :

  • https://www.trekbikes.com/us/en_US/
  • https://www.inoxveneta.it/
  • http://2011.pro-lite.net/

TERIMAKASIH UNTUK

Terimakasih DomainesiaTerimakasih Digital Ocean