Panduan Mengganti Rantai Sepeda

Jika rantai kamu mulai tidak normal, atau entah sekedar ingin ganti rantai saja, tentu tujuan terakhir adalah membeli rantai baru, atau bahkan langsung membeli sepeda baru. Nah beli rantai tentu tidak asal, ada beberapa poin-poin yang perlu diperhatikan, sebagai berikut.

Memastikan Apakah Perlu Ganti

Yups sebelum mengganti rantai, kita pastikan dulu apakah memang rantai benar-benar harus diganti. Beberapa kasus yang wajib mengganti rantai seperti korosi, roller rantai susah berputar, link, inner plate, outer plate penyok atau bengkok. 

Panjang Rantai

Beberapa hal yang mempengaruhi panjang rantai adalah rasio gear/speed sepeda kamu. Disini kamu tidak perlu mengukur berapa panjang rantai yang kamu butuhkan, cukup dengan menyampaikan kepada penjual rasio gear/speed dari groupset kamu, misal 2x11, 3x12 dan lain sebagainya.

Makin banyak speed untuk cassete/gear belakang, maka semakin tipis pula rantai yang digunakan. 

Material Rantai

Bahan yang populer saat ini tersedia dimana-mana adalah bahan alloy yang murah, kuat dan tahan karat. Tapi ada juga bahan lain seperti titanium atau kombinasi dari nya, tentu dengan harga yang lebih mahal pula namun lebih ringan dan lebih kuat.

Tapi untuk rantai berbahan alloy bisa juga kamu dapatkan dengan berat lebih ringan, yakni dengan memilih rantai alloy yang outer platenya ada lubang / hollownya, sama seperti pada gambar diatas.

Harga

Budget yang sudah kamu tentukan akan sangat mempengaruhi jenis rantai apa yang kamu dapatkan. Tapi yang paling penting jangan gunakan patokan semakin mahal harga rantai maka harus dibeli, sesuai harga rantai yang kamu beli dengan kantong, karena kamu bisa menggunakannya untuk membeli tool lainnya yang berhubungan dengan rantai, seperti chain tool dan quick link.

- yussan -

TERIMAKASIH UNTUK

Terimakasih DomainesiaTerimakasih Digital Ocean