Skill Wajib Untuk Bersepeda di Jalan Raya

yussan avatar
Yusuf Akhsan Hidayat
alias yussan sebagai Penulis
Skill Wajib Untuk Bersepeda di Jalan Raya

Jalanan merupakan jalur yang menyenangkan untuk dilalui para pesepeda, namun disamping kemudahan itu banyak sekali bahaya yang bisa raja terjadi disana, bisa karena kesalahan pesepeda atau karena kesalahan pengguna jalan lainnya. Untuk menghindari dari kejadian yang tidak diinginkan berikut ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai seorang pesepeda.

Memberikan Isyarat ketika Berbelok

undefined

Sering ditemui banyak pestpeda yang asal belok tanta menengok kebelakang atau ke arah lainnya, jelas itu berbahaya sekali, apa lagi juka beloknya adalah arah seberang jalan. Karena sepeda tidak dilengkapi dengan spion atau lampu rem, lakukanlah hal-hal berikut ini demi keamanan kamu dan pengguna jalan lainnya :

Menengok Kebelakang dan Memberikan Isyarat Tangan

Dengan menengok kebelakang kamu bisa mudah mengetahui kendisi dbagian belakang kamu, sehingga kamu damat memutuskan akankah berbelok atau tidak. Tapi hal itu belumlah cukup, pengguna dibelakang kamu tidak bisa membaca pikiran kamu, apakah kamu cuma ingin tengok belakang saja atau ingin berbelok ?, nah isyarat tangan seperti gambar adalah sebagai penanda untuk orang dibelakang kamu bahwa kamu ingin berbelok, tapi “eits”, Mantan asal berbelok donk, karena itu cukup berbahaya, apa lagi jaka dibelakang kamu ada kendaraan yang sedang melaju dengan kencang-kencangnya. Dengan menengok kebelakang kan kamu tahu kondisinya, jika sudah sepi saatnya berbelok.

Sebelum terbiasa dengan metode ini, untuk pertama-tama pastikan kamu sudah biasa untuk bersepeda dengan satu tangan dan keberanian untuk menoleh ke belakang, dengan hal tersebut kamu akan semakin siap.

Kuasai Track Stand 

undefined

Track stand adalah teknik untuk berhenti dari sepeda tanpa menginjakan kaki ketanah, loh kok bisa. Yup kuncinya adalah menjaga keseimbangan. Tapi lihat-lihat dulu kondisinya, jika kamu stopnya di lampu merah mending turun saja deh, capek sendiri entar.

Berikut adalah beberapa kondisi yang cocok sekali untuk kamu melakukan track stand :

  • Ada kendaraan didepan berhenti mendadak
  • Peralihan lampu kuning ke merah
  • atau kondisi lain ketika kamu stop dan tahu kapan akan jalan lagi

Kenapa Harus Track Stand

Track dibutuhkan untuk mempersingkat waktu transisi dari stop ke start, bandingan ketika kamu stop terus turun dulu lalu jalan lagi, dibanding stop track stand lalu jalan lagi, tentu banyak waktu yang bisa dihemat dengan track stand.

Cara Mengerem Mendadak dengan Aman dan Pakem

undefined

Untuk sepeda yang masih menggunakan rim brake memang tidak sepakem pengguna disc brake, tapi meskipun begitu baik pakem atau tiap pakem tetap berbahaya jika teknik pengeremannya salah. Karena sepeda ringan, maka rawan terbalik jika melakukan pengereman secara mendadak.

Solusinya adalah dengan memberikan beban lebih ke bagian belakang dengan cara menyerongkan pantat kebelakang melebihi bagian belakang sadel, nah rem depan ada teman terbaikmu untuk memberikan kualitas pengereman yang baik, selamat mempraktekan dan rasakan perbedaannya.

Terbiasa Saddle Off

undefined

Yang terakhir ini akan sangat membantu kamu untuk berbagai macam situasi, dan sangat cocok jika digabungkan dengan track stand yang ada diatas. Tujuan saddle off adalah menambah power untuk kayuhan, nah ketika kamu merasa cukup berat untuk mengayuh sepeda ketika posisi duduk, saddle off akan memberikan power lebih untuk kamu.

Selain cocok untuk di kombinasikan dengan track stand, sering kali saddle off digunakan untuk menambah speed ataupun menambah kekuatan ketika menanjak, nah bagi yang pertama mencoba ada ketakutan akan terpeleset dari pedal dan bisa jatuh, disini sepatu cleat sangat memberikan peran bagus, tapi yang penting sering lattihan saja ya.

TERIMAKASIH UNTUK

Terimakasih DomainesiaTerimakasih Digital Ocean

LOADING...

sample text yuk