Cara Mengganti Wheelset Sepeda Quick Release

yussan avatar
Yusuf Akhsan Hidayat
alias yussan sebagai Penulis

Melepas dan mengganti wheelset merupakan skill yang wajib dimiliki oleh para goweser. Meskipun kita tidak mengalami masalah dijalanan, bisa jadi ada teman atau goweser lainnya yang mengalami hal tidak diinginkan. Disamping itu, goweser juga bisa lebih berhemat daripada membawanya ke bengkel. Tapi meskipun sudah menggunakan quick release, melepas roda tidak asal melepas saja, perlu kiat-kiat khusus agar bisa dengan halus dan aman.

 

Wheelset Depan

Mengendorkan Brake Arms

Dimulai dari bagian yang paling mudah dulu yaitu bagian depan. Sebelum mulai mengendorkan qrnya, pastikan brake armsnya sudah dilonggarkan, biasanya ada tuas di bagian brake armsnya, dan posisinya bisa dikanan atau kiri tergantung dari merek dan seri gruoupsetnya. Disini saya menggunakan Shimano Tiagra dan berikut tampilannya.

 

Mengendorkan QR dan Melepas Wheelset

Setelah rem sudah kendor. Giliran mengendorkan qrnya, anggap saja posisi kekencangan sekarang adalah 100%, kendorkan saja sampai perhitungan 30%-40%, usahakan jangan sampai lepas.

Nah untuk menariknya, cara mudahnya adalah dengan membiarkan posisi wheelset depan ditempat (jangan menarik wheelset ketika melepas), kamu cukup angkat framenya keatas, maka akan terlepas, dengan gampang.

 

Memasang Wheelset Depan

Untuk proses pemasangannya sama persis dengan pelepasan, hanya saja kebalikannya. Untuk memasang depan gampang pastikan posisi wheelset depan sudah menapak tanah, jadi kamu hanya fokus menempatkan posisi fork ke assnya.

Yang penting ketika tahap pengencangan QR, pastikan jangan terlalu keras, karena biasa membuat perputaran wheelset terganggu. Pastikan kencang tapi tidak super kencang. 

 

Pengecekan Terakhir

Pastikan mengembalikan brake arms ke posisi semula.

Tahapan yang paling penting, karena demi masa depan kamu diatas sepeda. Angkat sepeda dan putar wheelset dengan tangan. Pastikan putaranya mulus dan tidak condong kekanan atau kiri. 

 

Wheelset Depan

Pastikan di Gear Belakang Paling Kecil

Tujuan utamanya adalah memudahkan untuk melepas wheelset, karena jika kamu menggunakan gear besar maka kemungkinan tersangkut akan lebih besar.

Sisanya lanjutkan seperta bagian depan tadi, yaitu dimulai dari mengendorkan brake arms dan qrnya. 

 

Melepas Wheelset Belakang

Biarkan posisi roda menapak tanah, angkat saja frame dan secara natural wheelset akan terlepas. Nah ketika tahapan pelepasan ini lakukan dengan lembut, karena ada kemungkinan rantai akan menyangkut di qrnya. Singkirkan saja dengan tangan jika itu terjadi. 

 

Memasang Wheelset Belakang

Masukan Sprocet diantara rantai, dan paskan pularantainya di gear paling atas. Sisanya tinggal mengepaskan qrnya dibagian yang telah tersedia. Bagian ini sebenarnya cukup gampang asal dilakukan tidak tergesa-gesa. 
Nah Jika posisinya qr susah masuk karena menyangkut rd, arahkan saja rd kebawah agar pemasangannya jadi lancar.

 

Nah seperti itulah yang ingin kami sampaikan seputar memasang dan melepas wheelset, terus mencoba dan latihan ya agar menjadi terbiasa. Terimakasih.

LOADING...

sample text yuk